Manfaat Minyak Ikan: Minyak Ikan Dapat Sembuhkan Penyakit Leukimia

minyak ikan

Manfaat Minyak Ikan: Minyak Ikan Dapat Sembuhkan Penyakit Leukimia - Kandungan senyawa yang terdapat di dalam minyak ikan dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit leukimia. Senyawa di dalam minyak ikan tersebut dapat melemahkan dan membunuh sel-sel induk penyakit tersebut. Senyawa dalam minyak ikan tersebut dinamakan delta-12-protaglandin J3 atau D12-PGJ3. Senyawa tersebut dapat mematikan myelogenous kronis atau CML, yang merupakan sel-sel batang leukemia. Sumber senyawa ini berasala dari asam lemak Omega3 yang dapat ditemukan pada ikan dan minyak ikan.


Beberapa ahli dari Penn State melakukan penelitian menggunakan media hewan tikus. Hasilnya diketahui bahwa, penyebab penyakit leukimia dan sel-sel yang berkembang pada kanker darah ini dapat diobati menggunakan minyak ikan. Penyakit kanker darah leukimia tersebut dapat benar-benar sembuh dan tidak akan kambuh kembali.

Salah satu dari tim peneliti, seorang Profesor dalam bidang imunologi dan toksikologi molekul di Departemen Ilmu Hewan dan Kedokteran di Penn State, Sandeep Prabhu, menyatakan bahwa penelitian pada asam lemak yang dilakukan sebelumnya menunjukkan manfaat terhadap kesehatan dari asam lemak pada sistem kardiovaskular dan perkembangan otak. “Manfaat sangat signifikan terutama pada bayi,” kata sang Profesor, seperti dlaporkan Dailynews, Senin (9/1/2012).

Menurutnya sang Profesor, penelitian tersebut memperlihatkan bahwa beberapa metabolit dari Omega 3 mampu melakukan seleksi dalam membunuh sel-sel leukemia. Senyawa tersebut dapat membunuh sel-sel induk kanker di limpa dan sumsum tulang . Sel-sel induk yang dibunuh adalah sel yang ada di dalam darah putih. Sel darah putih tersebut yang dipakai oleh sel induk leukemia untuk bereproduksi dengan membelah diri. Sehingga, kerja metabolit tersebut jauh lebih efektif untuk menyembuhkan leukemia.

Terapi penyembuhan penyakit leukimia yang biasa dilakukan selama ini, kata Prabhu, hanya dengan menjaga jumlah sel-sel leukimia agar tetap rendah. Sehingga harapan usia pasien bisa diperpanjang.

Salah seorang peneliti, Profesor dalam bidang ilmu hewan dan biomedis yang terlibat dalam penelitian ini, Robert Paulson, menyatakan bila terapi ini dihentikan, maka sel kanker induk leukemia dapat menjadi resisten terhadap pengobatan tersebut. “Jenis pengobatan dengan cara ini tidak dapat mematikan sel-sel induk leukemia.” Sehingga, menurutnya, untuk menyembuhkan penyakit leukimia, caranya adalah dengan membunuh sel induknya yang salah satunya dengan senyawa yang berasal dari minyak ikan ini yang mempnyai efek samping yang rendah.

Sumber: Republika.co.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar